Kegiatan Belajar 2: Menerapkan Komunikasi Daring
Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron

A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran, siswa mampu
·
menjelaskan bentuk komunikasi daring asinkron: e-mail,
·
membuat akun dan menggunakan e-mail,
·
menerapkan tata krama dalam komunikasi asinkron
B. Uraian
Materi
Untuk berkomunikasi dengan
mitra bicara di samping atau di depan Anda, Anda dapat melakukannya secara
langsung tanpa memerlukan perangkat apapun. Tetapi ketika Anda ingin
berkomunikasi dengan mitra bicara yang berada di ruang sebelah, ada prasyarat
agar Anda dapat melakukan secara langsung. Demikian pula halnya dengan
komunikasi daring atau komunikasi virtual. Oleh karena itu, dalam
pembahasannya, akan didahulukan komunikasi daring tak serempak atau komunikasi
daring asinkron.
1. Bentuk Komunikasi Daring Asinkron: e-mail
Komunikasi daring tak
serempak atau komunikasi asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi
asinkron antara lain e-mail, forum,
blog, jejaring sosial (social network)
dan website. Di dalam buku ini, hanya
akan dibahas penggunaan e-mail
sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron. Alamat e-mail merupakan bagian
dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan
kepemilikan e-mail untuk dapat mengakses layanan tersebut.
E-mail singkatan
dari electronic-mail yang berarti
surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data,
file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan
Internet. Kelebihan e-mail
dibandingkan surat biasa.
·
e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam
waktu yang singkat
·
e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
·
Sebagian besar e-mail tidak
memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet
Dari segi layanan, terdapat
e-mail gratis dan e-mail berbayar.
·
E-mail gratis adalah kegiatan
surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya biaya yang diperlukan
hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat
layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam,
kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh E-mail Gratis adalah : Yahoo! mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.
·
E-mail berbayar adalah kegiatan
surat-menyurat melalui jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak
didapatkan pada e-mail gratis.
Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain:
tambahan kapasitas e-mail,
perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan
lainnya.
Salah satu
penyedia layanan email tidak berbayar adalah Gmail. Gmail merupakan salah satu
layanan yang disediakan oleh Google. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas
yang dimiliki oleh Gmail.
·
Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus-menerus
kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah.
·
Mempunyai fasilitas pencarian (search)
untuk membantu proses pencarian
·
e-mail tertentu dalam penampungan e-mail Anda.
·
Mendapatkan akses aplikasi Google lainnya, antara lain:
ü
Google
Drive
Aplikasi ini memungkinkan
Anda untuk membuka lampiran dokumen secara langsung tanpa mengunduh terlebih
dahulu.
ü
Google Talk
Memungkinkan sesama
pengguna Gmail untuk berkomunikasi secara sinkron.
ü
Google
Calendar
Memungkinkan Anda untuk
mengagendakan berbagai kegiatan.
·
Mendapatkan layanan POP dan Forwarding
POP (Post Office Protocol) adalah layanan untuk mengunduh e-mail dari Gmail ke komputer pribadi
sehingga dapat Anda baca secara luring (offline).
Forwarding adalah fasilitas untuk meneruskan
e-mail yang masuk ke Gmail ke e-mail lain secara otomatis.
Mempertimbangkan
berbagai fasilitas yang dimiliki oleh Gmail, dalam proses pembelajaran ini,
digunakan Gmail sebagai media berkomunikasi daring asinkron. Untuk mendapatkan
layanan Gmail, Anda harus membuat akun Gmail dengan mengikuti langkah-langkah
berikut.





Gambar
I.1 Tampilan Awal Jendela Gmail
a. Bukalah perambah
Internet (browser) Anda, lalu
pada bagian address bar
ketikkan
“gmail.com”
dan tekan tombol enter.
b. Kemudian
setelah halaman gmail.com terbuka, klik tombol “buat akun”.
Gambar
I.2 Form Pembuatan Akun Baru
c. Isilah semua
kolom isian dengan biodata diri Anda.
·
Pada “Pilih nama pengguna Anda” isilah sesuai dengan nama pengguna yang
diinginkan.
Isian ini, digabungkan
dengan @gmail.com, nantinya akan menjadi alamat e-mail yang digunakan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Sebagai contoh, si Ali menggunakan nama pengguna ali2015, maka Ali mempunyai
alamat email ali2015@gmail.com.
Nama pengguna terdiri atas
6 – 20 karakter yang merupakan gabungan dari angka, huruf, dan tanda titik (.).
Jangan gunakan spasi dalam pengisian nama pengguna. Bila nama pengguna yang
Anda isikan telah digunakan oleh orang lain, Gmail akan memberitahukan dan
meminta Anda untuk memilih nama pengguna yang lain. Contoh, si Ali ingin
menggunakan nama pengguna
ali2015, ternyata nama tersebut telah digunakan oleh orang lain. Maka Ali harus
mengubah nama penggunanya, misalnya dengan menambahkan titik sehingga menjadi
ali.2015. Jika nama ini belum ada yang memakai, Google akan menyetujui, dan
Anda diminta untuk menentukan kata sandi (password).
·
Klik “Buat sandi” dan ketikkan kata sandi (password) yang ingin Anda gunakan. Pada
kolom isian “Konfirmasi sandi Anda” ketikkan kode sandi yang sama dengan kata
sandi yang telah Anda isikan pada kolom isian sebelumnya. Hal ini dilakukan
untuk memastikan bahwa pengguna tidak lupa ataupun salah ketik saat mengisi
kolom isian sandi. Jika Anda sulit mengingatnya, catatlah nama pengguna dan
kata sandi di tempat yang mudah Anda capai, karena pasangan nama pengguna dan
kata sandi diperlukan untuk mengakses kembali akun Anda.
·
Pada bagian/kolom kode verifikasi (captcha = Completely Automated Public Turing
test to tell Computers and Humans
Apart), ketikkan sesuai dengan kode yang tertera, biasanya terdiri atas huruf atau kombinasi huruf
dan angka. Jika Anda menjumpai kesulitan membaca kode verifikasi tersebut,
tekan tombol refresh di samping kolom
kode verifikasi tersebut, hingga Anda dapat membaca dengan jelas, kemudian
mengisikannya ke dalam kolom yang tersedia.
d. Setelah
berhasil, klik tombol “Langkah berikutnya”. Selanjutnya akan tampil halaman
seperti berikut.
Gambar
I.3 Jendela View Profile
e. Untuk menambahkan
foto profil pada
akun Gmail yang
telah Anda buat,
klik tombol
“Tambahkan Foto Profil”, maka halaman berikut
ini akan ditampilkan.
Jika Anda bermaksud mengabaikan bagian ini dan
langsung menuju ke langkah selanjutnya,
Anda cukup menekan tombol “Langkah berikutnya”.





Gambar
I.4 Jendela Pengaturan Profil
f. Klik
tombol “Pilih foto dari komputer pengguna”. Kemudian melalui window “browse”, pilih foto yang ingin Anda jadikan sebagai foto profil di
komputer pengguna. Namun jika ingin mengambil foto profil melalui webcam, Anda dapat melakukannya dengan
menekan tombol
“Kamera Web”.
Gambar
I.5 Jendela Setting Foto Profil
g. Setelah halaman
seperti gambar II.5 ditampilkan, klik tombol “Tetapkan sebagai foto profil”.
h. Klik
tombol “Langkah berikutnya” dan akan tampil halaman seperti gambar II.6.
Gambar
I.6 Jendela Halaman Pembuka Gmail
i. Klik
tombol “Lanjutkan ke Gmail”
Gambar
I.8 Jendela halaman e-mail
j. Sampai pada
tahap ini akun Gmail Anda sebagai pengguna telah siap untuk digunakan.
3. Menggunakan
e-mail
Untuk lebih
mengenal Gmail, berikut dijelaskan beberapa cara dan keterangan dalam
menggunakan menu pada gmail. Menu yang paling sering digunakan adalah Tulis,
Kotak Masuk, Pesan Terkirim, Draf, dan Spam.
Gambar I.9 Pengenalan fungsi tools
Dari gambar dan paparan di
atas, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan menu-menu
tersebut, mulai dari menu tulis,
hingga mempelajari menu selengkapnya.
a. Mengirim
surat elektronik (surel) dengan e-mail
Untuk mengirimkan surel menggunakan e-mail,
lakukan langkah-langkah berikut.
·
Pilih menu tulis
Gambar
I.10 Jendela Memulai Pesan Baru
·
Keterangan kotak untuk menulis pesan
Gambar I.11 Pengenalan Fungsi Pada Jendela Pesan
Baru
Disamping itu,
Anda dapat juga menambahkan tujuan Carbon
Copy (CC) dan Blind Carbon Copy
(BCC). Menu CC digunakan ketika Anda ingin orang lain yang bukan tujuan utama
pengiriman e-mail untuk ikut membaca
isi e-mail. Sedangkan BCC memiliki
fungsi yang sama dengan CC, namun
penerima e-mail Anda yang lainnya
tidak dapat melihat daftar penerima BCC.
·
Di dalam ikon + terdapat beberapa tools:
Gambar
I.12 Pengenalan tools tambahan pada
pesan baru
b. Menerima
surel dengan e-mail
Klik menu kotak masuk, maka akan terlihat tampilan di bawah ini.
Gambar I.13 Jendela kotak
masuk
Adapun menu “Berbintang” digunakan untuk memberi
status khusus pada pesan agar mudah ditemukan. Fitur ini biasanya digunakan
untuk menandai e-mail yang penting.
Untuk menghilangkan bintang sebuah pesan, klik pada gambar bintang redup ¶ di samping setiap pesan
atau percakapan.
Gambar I.14 Jendela Status Berbintang
Adapun menu Penting digunakan untuk melihat pesan
yang ditandai sebagai pesan yang penting.
Gambar
I.15 Jendela Status Penting
Pesan yang ditandai dengan
warna kuning merupakan ciri pesan penting yang ditandai oleh pengguna.
c. Melihat pesan terkirim
Klik menu pesan terkirim, maka tampilannya akan
seperti gambar II.16.
Gambar
I.16 Jendela Pesan Terkirim
d. Buram
(Draft)
Menu buram (draft) berisi pesan yang tersimpan
tetapi belum dikirim. Adapun tampilannya adalah seperti gambar II.17.
Gambar
I.17 Jendela Pesan Draft
e. Lingkaran
Adapun menu lingkaran berisi grup yang Anda miliki di Google+.
Gambar
I.18 Jendela Pesan Lingkaran
Menu selengkapnya berisi menu obrolan, semua
pesan, spam, sampah, dan kategori.
Gambar
I.19 Fungsi Menu
4. Menggunakan Layanan Google Drive
Google Drive
merupakan layanan berbagi file yang
dimiliki oleh Google, dengan membuat akun gmail, Anda telah dapat mengakses
fitur Google Drive. Google Drive memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah
sebagai tempat untuk mem-back-up data, dan berbagi file yang telah diunggah sebelumnya.
Berikut adalah
tampilan awal dari Google Drive yang di dalamnya terdapat banyak menu yang akan
dijelaskan.
Gambar I.20 Jendela Menu Tampilan Awal Google Drive
a. Menu Create
Berguna untuk
membuat file atau folder secara daring tanpa menggunakan software aplikasi seperti Microsoft Office atau aplikasi lainnya.
Terdapat pilihan jenis data yang dapat Anda buat, misalnya seperti folder, documents, presentation,
spreadsheet, form, drawing.
Menu upload digunakan untuk mengunggah file atau folder yang
telah disimpan sebelumnya pada perangkat komputer, laptop, tablet, dsb.
Untuk menggunakan Google Drive,langkah yang harus
dilakukan adalah sebagai berikut.
Gambar
I.21 Pilih sub menu file atau folder
· Klik menu Upload.
·
Jika tujuan pengguna mengunggah sebuah file, pilih submenu files.
·
Jika tujuan pengguna mengunggah semua file dalam suatu folder, pilih submenu folder.
·
Setelah itu akan muncul window
baru berikut.
Gambar
I.22 Jendela Memilih File
·
Setelah memilih file atau folder yang ingin Anda upload, pilih tombol Open.
·
Proses pengunggahan file atau folder akan dimulai.
·
Setelah file
diunggah, maka file Anda sudah
tersimpan dalam Google Drive. Jika
ingin membagikan file, Silakan klik Share.
Gambar
I.23 Jendela hasil upload complete
·
Lalu muncul tampilan berisi link alamat file.
Gambar
I.24 Jendela Link Yang Berisi Alamat File
·
pengguna juga dapat mengatur hak akses terhadap file dengan memilih pengaturan sesuai
keinginan ketika memilih submenu Change.
Gambar
I.25 Jendela Untuk Submenu Change
Setelah memilih jenis hak
akses yang diberikan pada file
tersebut, pilih Save. Terakhir, pilih
Done pada bagian paling bawah
tampilan dan file yang telah berhasil
dibagikan.
5.
Tata krama (etiket)
Komunikasi Asinkron
Komunikasi
merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu
diperhatikan tata cara serta tata krama (etiket) dalam melakukannya. Hal
tersebut menjadi makin penting dalam tata krama berkomunikasi daring, karena
kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap
terjadinya salah paham. Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam menuliskan
informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.
a. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata
sesuai hubungan Anda dengan penerima
pesan. Saat berkirim pesan pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal.
Saat berkirim pesan pada teman, Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih
santai.
b. Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan huruf
kapital. Dalam
tata krama korespondensi elektronik,
penulisan seluruh kalimat menggunakan huruf kapital berarti sama dengan
berteriak/marah.
c. Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.
d. Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang
dapat langsung dimengerti oleh penerima
e-mail Anda.
e. Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga
penerima BCC e-mail Anda. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC
berdasarkan hak membaca e-mail
tersebut.
f. Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih
dahulu jika Anda membutuhkan waktu
tambahan untuk membalas pesan.
g. Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai
lelucon atau gambar yang Anda
kirimkan.
C.
Rangkuman
Ø Komunikasi
asinkron atau komunikasi takserempak adalah komunikasi menggunakan komputer dan
layanan Internet yang dilakukan secara tunda
Ø Contoh
penggunaan komunikasi asinkron o e-mail, forum, diskusi di web
Ø
Pelaksanaan
komunikasi harus sesuai dengan tata krama yang berlaku
D. Tugas
Dalam tugas ini Anda akan melanjutkan kelompok
pada Kegiatan Belajar 1.
1. Buatlah e-mail untuk masing-masing anggota
kelompok dan e-mail perusahaan.
2.
Dengan memperhatikan tata krama mengirim e-mail, buat dan kirimkan e-mail
untuk:
·
menawarkan kerjasama ke perusahaan lain
·
mengirimkan undangan rapat ke teman sekantor Anda
·
Gunakan fitur starred mail,
CC, dan BCC dalam e-mail Anda
3. Cari
3 contoh layanan e-mail selain gmail,
sebutkan kelebihan, kekurangan serta layanan mana yang akan Anda gunakan untuk
perusahaan Anda.
4. Cari
3 contoh layanan forum, daftar, dan lakukan posting di forum tersebut sesuai
dengan etiket berkirim pesan.
5. Carilah
3 contoh layanan sharing online
selain Google Drive, cari kelebihan
dan kekurangan layanan tersebut, dan tentukan layanan yang akan digunakan oleh
perusahaan Anda.
E.
Tes Formatif
1. Apakah
yang dimaksud dengan komunikasi daring asinkron?
2. Apakah
yang dimaksud dengan CC, BCC, Subject,
dan Spam.
3. Tuliskan
hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman e-mail.
4. Bandingkan
tujuan penggunaan, serta kelebihan dan kekurangan e-mail dan forum.
F.
Lembar Jawaban Tes Formatif
1. Komunikasi
daring asinkron adalah
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2. CC, BCC, Subject, dan Spam adalah
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
3. Hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman e-mail adalah
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
4. Bandingkan tujuan penggunaan serta kelebihan dan
kekurangan e-mail dan forum.
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
G. Lembar
Kerja Siswa
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Makteri Lanjutan Komunikasi dalam jaringan : Part 3
Makteri Lanjutan Komunikasi dalam jaringan : Part 3
0 Response to "Makteri Simulasi Digital - Komunikasi Dalam Jaringan Part 2"
Posting Komentar