Pendahuluan
Deskripsi
Singkat
Komputer sudah merupakan kebutuhan pokok
dalam membantu pekerjaan manusia dalam bidang sistem informasi. Sehingga
komputer selalu disalah artikan sebagai sistem informasi. Pada pokok bahasan
ini akan membahas komputer dan perkembangannya beserta klasifikasinya, sehingga
tidak disalah artikan lagi sebagai sistem informasi.
Dalam
pokok bahasan ini mencoba membantu mahasiswa dalam memahami komputer dan
perkembangannya yang terdiri dari,
1.
Definisi komputer
2.
Sistem komputer
3.
Klasifikasi komputer
DEFINISI
KOMPUTER
Komputer
merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data
menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat
bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Komputer berasal dari bahasa
latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan
ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan
termininologi komputer.
Menurut
Hamacher [1],
Komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi
input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut
Blissmer [2]
mengatakan
bahwa, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas
sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya,
menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam
bentuk informasi.
Menurut
Fuori [3]
berpendapat
bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan
besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
SISTEM
KOMPUTER
konsepsi
komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka
diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari
hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus
saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi
apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat
apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sebuah
sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu
1.
Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2.
Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer
3.
Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer.
Perangkat
Keras
Perangkat
keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu
1.
Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan
pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara
keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic
Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan
kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan
pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f =
1/(350
x 106Hz), = 0,286 x 10-8detik.
2.
Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk
menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM.
Karakteristik
dari memori primer adalah
-
Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan,
informasi yang disimpannya juga hilang)
-
kecepatan tinggi
-
akses random (acak)
-
I/O Device memori
b.
Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara
permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah
-
non volatil atau persisten
-
kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
-
akses random atau sekuensial
Contoh
memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll.
Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah
magnetic tape
3.
Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara
komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a.
Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima
masukan dari luar. Beberapa contoh
piranti
masukan :
-
keyboard
-
mouse
-
touch screen
- scanner
-
camera
-
modem
-
network card
-
dll
b.
Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk
memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti
masukan
:
-
Monitor
-
Printer
-
Speaker
-
Plotter
-
Modem
-
network card
-
dll
Perangkat
Lunak
Perangkat
lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1.
Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta
menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh
sistem operasi : MS DOS, MS
Windows
(dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi),
LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll
2.
Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat
pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk,
dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee,
dll
3.
Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan
yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi
manufaktur, dll
4.
Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum,
seperti :
-
Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
-
Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
-
Presentasi : MS PowerPoint, dll
-
Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
5.
Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau
pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan
menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari
tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa
tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan
pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi
: Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa
tingkat
menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga
memiliki pertumbuhan generasi.
Brainware
(SDM)Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem
komputer. Beberapa peran di antaranya adalah
1.
Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi,
serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
2.
Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa
pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
3.
Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan
4.
Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer
KLASIFIKASI
KOMPUTER
Berdasarkan
Sinyal Masukan
Berdasarkan
sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1.
Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa data analog.
Contoh : komputer penghitung aliran BBM
dalam SPBU
2.
Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang
kita kenal.
3.
Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital
Berdasarkan
ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1.
Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh
: PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2.
Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan
yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll
3.
Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk
memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar.
Contoh
: Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4.
Mainframe
Berdasarkan
Generasi
Berdasarkan
generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1.
Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
2.
Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3.
Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
4.
Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)
Berdasarkan
Tujuan Pembuatan
Berdasarkan
tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1.
General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh
: PC, Notebook, dll
2.
Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus.
Contoh : komputer khusus untuk bermain catur
0 Response to "PENGANTAR KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA"
Posting Komentar