Cara Memasukkan Siswa pada Kursus Moode 2.4

Jika admin pada moodle sudah mendaftarkan atau mengkonfirmasi user yang memiliki peran sebagai siswa, maka selanjutnya baik seorang admin maupun guru memasukkan siswa-siswanya pada mata pelajaran (kursus) yang diasuhnya pada media pembelajaran berbasis web seperti moodle.

Sebelum lanjut membahas cara memasukkan siswa pada kursus di moodle, lebih sreg dijelaskan dulu perbedaan kata "mendaftarkan" dan "memasukkan", maksud mendaftarkan tak lain adalah mendaftarkan seluruh siswa pada sekolah tersebut dan sebagai hasil pendaftaran tersebut siswa diberikan account baru (username dan password)  yang nantinya digunakan untuk login di moodle. Sedangkan, memasukkan diartikan sebagai mengelompokkan siswa yang mana saja dapat mengakses kursus yang tersedia moodel yang sebelumnya sudah terdaftar atau diistilahkan menambahkan siswa ke dalam kursus.

Memasukkan siswa ke dalam kursus tertentu di moodle atau dalam bahasa moodle di sebut sebagai enrolled user dapat dilakukan dengan  langkah-langkah, sebagai berikut:

1.      Login sebagai guru di moodle Anda (sebagai admin juga dapat dilakukan dan tentunya pada kursus yang diajarkan)
2.      Pilih kursus Anda atau yang mau dimasukkan siswa
3.      Aktifkan mode edit dengan mengklik Turn editing on yang terdapat pada bagian Settings - Courses administration - Tur editing on
4.      Pilih Enrolled users yang terdapat pada bagian Settings - Courses administration - User Enrolled users
5.      Selanjutnya pada halaman yang muncul Enrolled users, pilih enrol users
6.      Pada kotak dialog enrol users, pilih peran sebagai siswa pada bagian Assign roles
7.      Silahkan klik enrol (masih pada kotak dialog enrol users) setiap siswa yang ingin dimasukkan.
8.      Klik Finish enrolling users, jika semua siswa sudah dimasukkan
9.      Kembali kehalaman Enrolled users, sudah muncul siswa-siswa yang terdaftar sebagai peserta pada mata pelajaran Anda
10.  Selesai.
Catatan, jika Anda sudah menformat Firtsname dan Lastname seperti yang disarankan di sini, maka Anda dapat menggunakan fasilitas Search, fasilitas search berguna jika nama awal semua memiliki kode kelas atau sejenisnya (misal XI2010001) dan lastname menggunakan nama siswa masing-masing. Sehingga, ketika di enter maka semua siswa yang memiliki kode kelas langsung muncul sehingga mudah dimasukkan dalam kurusus tertentu. Tetapi jika nama siswa tidak disusun atau menyesuaikan dengan nama sendiri (tanpa kode kelas, NIS, dll) maka nama yang ditampilkan di bagian enrol user berdasarkan urutan abjad.
Sekian, semoga bermanfaat :)

Sumber :http://pedamaran1.blogspot.co.id/2015/12/cara-memasukkan-siswa-pada-kursus-moode.html


0 Response to "Cara Memasukkan Siswa pada Kursus Moode 2.4"

Posting Komentar