Cara Mengsetting Default Course Enrolment pada Moodle 2.4

Setting course pada Moodle 2.4 Tirmidzi Anggiansyah . Setelah sukses setup LMS versi ini , kemudian mulai dengan membuatkan course untuk kuliah-kuliah yang akan dilaksanakan. Selesai tugas meng-create course dengan cara upload csv untuk multi-course ternyata saat testing menggunakan akun student, mata kuliah tersebut tidak bisa di-enrol . Padalah pada versi sebelumnya , secara default , user dapat enrol ke course kecuali untuk course yang di-hidden atau diberi password kunci untuk bisa masuk.
Kondisi sebaliknya terjadi pada versi LMS 2 ini. Setiap course yang dibuat, secara default tidak bisa di-enrol oleh siswa. Teacher atau course manager harus melakukan setting-setting sebagai berikut untuk membuat peserta bisa enrol.
1. Manual enrolments, teacher satu demi satu menambahkan user ke kuliah . Untuk peserta course dengan jumlah sepuluh atau dua puluh masih lah teacher akan sabar menambahkan user. kalau sudah ratusan?
2. Self enrolment , fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu . Untuk mengaktifkannya masing-masing teacher bisa setting pada bagian ‘Course administration > Users > Enrolment Methods> Self enrolment (Student)’ kemudian klik tombol ‘enable’ baru kemudian user dapat enrol ke course.
Kalau teacher pengampu kuliah online cukup sabar , cara ini bisa dilakukan. Tapi Kalau teacher sudah sibuk dengan menyiapkan bahan ajar-nya , maka bagian course manager dan admin-lah yang bertanggung jawab melakukan itu.
Cara yang paling gampang adalah men-set semua course ‘enrollable’. Ini bisa dilakukan dengan setting default course
1.      login sebagai admin
2.      klik ‘Site administration > Plugins > Manage enrol plugins ‘ akan tampil list plugins enrol
3.      klik ‘Settings’ pada ‘Self Enrolment’
4.      klik centang pada baris ‘Add instance to new courses untuk men-set enable opsi ini
5.      pilih ‘Yes’ pada baris ‘Allow self enrolments’
6.      Klik tombol ‘Save changes’ di bagian bawah
Dengan melakukan langkah di atas, secara otomatis fitur self-enrolment akan di-enable pada course yang dibuat. Namun tidak berlaku untuk course sebelum setting ini dilakukan. Kalau untuk course yang sudah dibuatkan sebelumnya, bisa menghubungi masing-masing teacher.


Sumber :http://blogs.itb.ac.id/ariefbb/2013/04/15/setting-default-course-enrolment-pada-moodle-2-4/

0 Response to "Cara Mengsetting Default Course Enrolment pada Moodle 2.4"

Posting Komentar